Menggunakan perangkat lunak manajemen referensi seperti EndNote atau Mendelay sangat penting dalam proses penulisan akademik dan penelitian. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perangkat ini sangat berguna:
1. Organisasi Referensi: Dengan menggunakan EndNote atau Mendelay, Anda dapat mengelola ribuan referensi dengan mudah. Anda bisa mengelompokkan referensi dalam folder atau kategori tertentu, yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan mengakses referensi yang Anda butuhkan.
2. Pembuatan Sitasi Otomatis: Salah satu fitur utama dari perangkat lunak ini adalah kemampuan untuk menghasilkan sitasi dan bibliografi secara otomatis. Ini menghemat waktu dan mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dalam penulisan sitasi, karena perangkat ini dapat secara otomatis menyesuaikan format sitasi sesuai dengan gaya yang Anda pilih (seperti APA, MLA, Chicago, dll.).
3. Integrasi dengan Pengolah Kata: EndNote dan Mendelay sering terintegrasi dengan pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs. Ini memungkinkan Anda untuk menyisipkan sitasi dan bibliografi langsung ke dalam dokumen Anda dan memperbarui daftar referensi secara otomatis ketika Anda menambahkan atau menghapus sitasi.
4. Pencarian dan Akses Mudah: Anda dapat dengan mudah mencari referensi di dalam database Anda dan mengakses informasi terkait seperti abstrak, penulis, dan tahun publikasi. Ini membantu mempercepat proses penulisan dan memastikan bahwa Anda tidak melewatkan referensi penting.
5. Kolaborasi: Beberapa perangkat lunak manajemen referensi, termasuk Mendelay, memungkinkan Anda untuk berbagi referensi dengan kolega atau tim Anda. Ini sangat berguna dalam proyek penelitian kelompok, di mana setiap anggota tim dapat menambahkan dan mengakses referensi yang relevan.
6. Penyimpanan dan Backup: Dengan menggunakan perangkat lunak ini, Anda dapat menyimpan referensi Anda secara digital dan membuat backup yang aman. Ini mencegah kehilangan data penting jika terjadi kerusakan perangkat atau kesalahan lainnya.
7. Pengelolaan PDF: EndNote dan Mendelay memungkinkan Anda untuk mengelola dan menyimpan file PDF terkait referensi. Anda bisa menyimpan catatan atau anotasi di dalam file PDF, yang membuatnya lebih mudah untuk merujuk kembali ke bagian-bagian penting dari dokumen.
Secara keseluruhan, menggunakan perangkat lunak manajemen referensi dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses penelitian dan penulisan akademik, serta memudahkan pengelolaan dan akses ke referensi yang diperlukan.
Penggunaan kedua aplikasi ini di berikan kepada mahasiswa tingkat Akhir pada STKIP Sinar Cendekia Serpong Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA melalui PKM Kolaborasi dosen dan Mahasiswa Lintas Perguruan Tinggi.
Adapun tim pengabdi sebagai berikut
1. Ilmadi, M. Pd (Mahasiswa Candidat Doktoral Universitas Negeri Jakarta dan Juga sebagai tenaga pengajar di Universitas Pamulang)
2. Dr. Elda Herlina, M. Pd (Dosen Pendidikan Matematika UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
3. Dr. Gunartin, S.E., M.M (Dosen Ekonomi Keuangan di Universitas Pamulang)
4. Dr. (cand) Yosua Damas Sadewo, M. Pd (Dosen PGSD Institut Shanti Buana Kalimantan Barat)
5. Hendri Ardiansyah, M. Kom (Dosen Teknologi Informatika Universitas Pamulang)
6. M. Fiqih Fatturahman (Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang)
7. Brendha Adiyan Vianca (Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang)
8. Yunita Sari (Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang)
Berikut ini tahapan kegiatan PkM , tahapan kegiatannya sebagai berikut:
1. Tahap pertama, Observasi langsung dan wawancara yang pada awalnya dilakukan oleh salah satu anggota tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terhadap mahasiswa semester akhir di Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sinar Cendekia Kota Tangerang Selatan, sehingga diperoleh informasi, terkait kendala apa yang mereka alami Kendala yang mereka hadapi adalah, dalam penulisan karya ilmiah berupa, mencari artikel atau referensi serta manajemen referensi. Observasi dan wawancara ini bertujuan agar dapat mengetahui kondisi awal di Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sinar Cendekia Kota Tangerang Selatan, serta menentukan solusi yang akan ditawarkan untuk memecahkan masalah yang ada pada mitra. Observasi dan wawancara merupakan hal yang sangat penting agar dapat terwujudnya kesuksesan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini.
2. Tahap kedua, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berdiskusi dan mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut, mulai dari pemutusan pelatihan menggunakan media teknologi atau media lain, dimana akhirnya diputuskan untuk memilih menggunakan media teknologi yaitu menajemen referensi berupa Mendelay dan EndNote. Mendeley dan EndNote adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian. Manajemen referensi merupakan aspek yang sangat penting dalam dunia akademis (Arief & Handoko, 2016). Mahasiswa tentunya tidak dapat terlepas dari buku, jurnal, artikel maupun makalah. Tidak mengherankan jika seorang Mahasiswa memiliki sejumlah referensi hampir satu ruang kerja bahkan lebih. Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua referensi ilmiah tersebut telah dialih-bentuk menjadi soft copy dalam bentuk dokumen/file komputer yang bisa lebih mempermudah mahasiswa dalam menemukan referensi yang diinginkan. Hal tersebut tidak lagi memerlukan ruang fisik yang besar untuk menyimpan referensi dalam bentik fisik, namun cukup dengan menyimpannya dalam bentuk soft copy (Elsevier & Manual, 2017).
3. Tahap ketiga, membuat jadwal atau skedul pelatihan yang disesuaikan antara peserta dan pelaksana, secara offline.
4. Tahap keempat, tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) akan melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sinar Cendekia Kota Tangerang Selatan di tempat dan waktu yang telah ditentukan.
Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Ramzil Huda Zarista, M. Pd Menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh tim pengabdi yang telah menyelenggarakan kegiatan yang syart akan makna ini dalam membantu mahasiswa menggunakan manajemen referensi, semoga kegiatan ini tetap berlanjut sehingga mampu menambah kualitas tulisan mahasiswa.
Terimakasih
0 Komentar